Kamis, 04 Februari 2016

APLIKASI ARKOS MENJADI SOLUSI TRANSPORTASI DAN LOGISTIK

Aplikasi Arkos adalah suatu aplikasi atau sistem yang mempertemukan antara pemilik muatan (cargo)/pengguna armada dengan pemilik truck/penyedia armada. Apliksi Arkos ini adalah pasar on line tempat pertemuan antara pemilik muatan dengan penyedia armada. Aplikasi Arkos adalah E-Commerce bagi para pelaku logistik, freight forwarding, perusahaan angkutan darat, perusahaan jasa kurir dan express,  pelayaran, penerbangan, eksportir-importir, pergudangan, pabrikan, pelaku toko onlineshop,  untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan dari sisi alat angkutan barang.
Nama Arkos adalah singkatan dari Armada Kosong (www.armadakosong,com),  merupakan singkatan nama perusahaan yang didirikan yaitu : PT.Armada Kosong Indonesia.
Ide dasar munculnya membuat sistem aplikasi ARKOS berawal  Ide Antoni Tampubolon , di mana perusahaan yang di pimpin SUI Logistics,  sering mengalami masalah  truck-truck kosong  setelah bongkar di tempat tujuan, sulit untuk mencari muatan balik dan juga kesulitan dalam mencari penyedia truck (vendor) pada saat ada kebutuhan truck, harga sering berubah-ubah dan mahal jika situasi truck lagi kurang (ketersedian truck terbatas). Permasalahan muatan balik bukan hanya permasalahan dari sisi satu perusahaan saja, tetapi ini menjadi masalah utama yang dialami oleh seluruh perusahaan angkutan barang di Indonesia. Para pemilik armada kesulitan untuk mencari muatan balik. Dampaknya, Ongkos angkut diperhitungkan menjadi dua arah (hitungan Pulang-Pergi).









Di sisi lain, permasalahan untuk mencari truck-truck yang tersedia pada saat mau mengangkut muatan juga besar. Para pemilik muatan kesulitan mencari ketersedian truck, dan juga mencari ketersediaan truck dengan harga yang murah. Pengalaman yang kami alami, Ada permintaan customer untuk meminta armada untuk mengangkut muatan pada minggu malam hari , perusahaan kesulitan untuk mencari informasi truck yang tersedia pada saat itu. Muatan itu harus diangkut malam itu dari Surabaya ke Malang. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi Arkos, yang terhubungkan dengan para pemilik truck on line 24 jam.
Permasalahan atas kesulitan mencari muatan dan ketersedian truck dapat diatasi dengan hadirnya Aplikasi Arkos.   Aplikasi Arkos menjadi salah satu solusi dalam transportasi dan logistik di Indonesia. Aplikasi ini  akan memberikan dampak terhadap meningkatnya kesejahteraan para pengusaha angkutan barang, meningkatkannya  kesejahteraan supir-supir, mengurangi kemacetan di jalan dan mengurangi biaya logistik nasional.


1 komentar: